Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil
Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Hamil

Diposting pada

Tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil perlu menjadi perhatian khusus, ada baiknya Anda menyiapkan tubuh Anda setidaknya satu bulan sebelumnya agar kehamilan Anda berjalan lebih mudah, lebih sehat, berakhir dengan kelahiran bayi yang sehat dan Anda kembali pulih dengan cepat. Bagi yang belum membaca artikel sebelumnya mengenai ibu hamil bisa baca disini ya.

Berikut adalah tips kesehatan untuk membantu Anda mempersiapkan kehamilan yang terbaik:

Kunjungi dokter atau bidan Anda untuk mengetahui kesiapan Anda

Kondisi kesehatan yang baik diperlukan dari sejak pra- kehamilan. Dokter atau bidan dapat mengevaluasi berat badan Anda sekarang dan menetapkan target kenaikan berat badan selama kehamilan. Dia juga dapat memberikan imunisasi dan pemeriksaan lanjutan, bila diperlukan.

Kunjungi dokter gigi Anda

Ya, gigi yang sehat juga diperlukan untuk mendukung kehamilan Anda. Banyak infeksi gigi yang bisa menjalar ke bagian tubuh lain dan merugikan kesehatan dan menyebabkan kelahiran prematur atau berat lahir bayi rendah. Pastikan dokter gigi mengevaluasi kesehatan gigi Anda secara menyeluruh.

Dapatkan berat badan yang sehat

Terutama bila Anda terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Konsultasikan bersama dokter terkait target bobot badan ideal.

Memperhatikan program diet

Dimana mencakup konsumsi berbagai macam kelompok makanan dasar. Selain itu menghindari beberapa jenis makanan misalnya kerang laut, lalapan mentah, dll yang berisiko bagi kesehatan.

Berhenti mengkonsumsi semua suplemen, kecuali yang disetujui oleh dokter

Alternatif lain bisa menggantikannya dengan suplemen prenatal mulai sekarang, seperti vitamin B, asam folat dan besi (terutama bila Anda dikhawatirkan anemia)

Mulailah mengurangi asupan kafein.

Konsumsi kopi Anda sebaiknya tidak lebih dari satu cangkir sehari. Selain itu hindari sumber kafein lain, termasuk minuman ringan dan obat-obatan berkafein.

Berhenti merokok

Termasuk merokok pasif (mintalah suami menghentikan kebiasaan merokok, atau setidaknya menjauh dari Anda saat merokok. Merokok dapat berisiko serius terhadap perkembangan janin.

Perhatikan keselamatan diri.

Berhati-hatilah bila Anda bekerja di lingkungan dengan bahan berbahaya serta penuh polutan. Hindari pembersih, pestisida, kimia serta cat yang tidak baik untuk kesehatan.

Hindari potensi infeksi

Cuci tangan rutin menggunakan sabun serta air bersih setelah menggunakan kamar mandi, membuang ingus atau mengolah tanah. Hindari daging mentah, ikan mentah dan produk susu yang tidak dipasteurisasi. Anda juga harus menjauhi kotoran dan bulu kucing (yang mungkin mengandung toksoplasma).

Mulailah rutinitas olahraga yang wajar

Olahraga baik untuk semua orang, terlebih lagi bagi calon ibu. Hanya berjalan kaki, senam atau yoga selama 30 menit setiap dua hari sekali sudah cukup untuk membantu menjaga kebugaran atau menurunkan berat badan.

Kehamilan merupakan salah satu nikmat yang terbesar dari Allah, sehingga sudah seharusnya kita memperhatikan kesehatan pada ibu hamil dan menjaga lingkungannya dalam lingkungan terbaik. Semoga bermanfaat ya tips menjaga kesehatan untuk ibu hamil tersebut, sampai jumpa di artikel selanjutnya di Peduli Kesehatan.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *